Beranda Travel Museum Fatahillah, Menikmati Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Jakarta

Museum Fatahillah, Menikmati Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Jakarta

102
0
Museum Fatahillah, Menikmati Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Jakarta
Museum Fatahillah, Menikmati Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Jakarta

Museum Fatahillah berada di kawasan kota tua Jakarta. Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan oleh para wisatawan disini, salah satunya mendapatkan informasi mengenai peninggalan dan sejarah kota Jakarta.

Ketika mengunjungi kota Jakarta Barat tak lengkap pastinya jika Anda tak mampir ke kawasan kota tua. Pasalnya, lokasi satu ini terdapat beberapa museum yang menyimpan berbagai sejarah, salah satunya yakni Museum Fatahillah. Bagi Anda yang ingin berlibur sekaligus mengetahui sejarah kota Jakarta, maka berkunjung ke museum satu ini adalah pilihan yang tepat. Apa saja yang bisa Anda temukan di museum ini? Berikut simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Area Museum Fatahillah

Ketika Anda memutuskan untuk berwisata ke Museum Fatahillah, maka akan terdapat berbagai spot yang layak untuk Anda amati. Kawasan wisata ini sendiri terbagi menjadi tiga lantai. Dimana untuk area lantai bawah atau lantai satu, maka pengunjung pun akan disuguhkan dengan beberapa barang peninggalan VOC yang dipajang pada tempat satu ini.

Selain itu, di lantai bawah pun wisatawan tak hanya dipamerkan dengan bahan peninggalan BelAnda saja. Melainkan, pengunjung pun juga bisa melihat barang lain yakni berupa keramik dan juga patung yang dipamerkan pada lemari besar tersebut. Tak cukup itu saja, beberapa barang kerajinan seperti gerabah dan prasasti, serta benda benda penemuan dari para arkeolog jaman dulu pun juga dipamerkan di museum satu ini.

Masih di lantai satu, wisatawan pun juga dapat melihat benda benda peninggalan dari budaya Betawi. Sehingga nantinya nuansa tempo dulu akan sangat terasa kental ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini. Pasalnya, pada lantai tersebut akan menyajikan tampilan maupun bentuk dari dapur tempo dulu yang ada di rumah masyarakat Betawi. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu hal yang mengagumkan.

Setelah itu, Anda bisa lanjut untuk mengunjungi lantai dua. Disini, pengunjung dapat melihat beberapa benda benda peninggalan dari Belanda. mulai dari perabot dan juga barang lainnya dapat Anda temukan di lantai satu ini. Selain itu, Anda punjuga bisa melihat lukisan lukisan masa kolonial. Lukisan tersebut terpampang dengan apik dan dipamerkan, sehingga Anda pun mengetahui tentang hal seputar masa kolonial.

Anda pun juga bisa melihat tempat tidur dan juga jendela yang besar. Dimana untuk jendela tersebut berhadapa langsung dengan alun alun. Konon katanya, jendela yang besar tersebut dulunya telah digunakan sebagai BelAnda untuk menyaksikan eksekusi hukuman mati. Dulunya, eksekusi mati untuk tahanan tersebut dilakukan pada area alun alun di bagian tengah.