Beranda Tekno Kaspersky Rilis Platform XDR untuk Lawan Serangan Ransomware

Kaspersky Rilis Platform XDR untuk Lawan Serangan Ransomware

95
0
Kaspersky Rilis Platform XDR untuk Lawan Serangan Ransomware
Kaspersky Rilis Platform XDR untuk Lawan Serangan Ransomware

Mengutip Trend Micro, ransomware adalah jenis malware yang mencegah atau membatasi pengguna mengakses sistem mereka, baik dengan mengunci layar sistem atau file pengguna sampai uang tebusan dibayarkan.

Menurut Kaspersky dalam siaran pers terbarunya, tahun lalu ada sekitar 9.500 file yang terenkripsi per hari. Serangan ransomware pun meningkat sebesar 181 persen.

Untuk melindungi dari ancaman ransomware, Kaspersky meluncurkan platform Extended Detection and Response (XDR) pada Selasa. Apa benefit menggunakan Kaspersky XDR?

  1. Sektor bisnis adalah target utama ransomware

Pelaku di balik serangan ransomware tidak hanya mengunci file pengguna agar tidak bisa diakses, tetapi juga menjual file yang telah mereka retas, melakukan serangan DDoS terhadap target, atau menggunakan data hasil retasan untuk phishing.

Salah satu ransomware yang perlu diwaspadai adalah LockBit, yang menargetkan perusahaan-perusahaan besar di dunia. Menurut Kaspersky, LockBit telah menyerang 115 bisnis di wilayah Asia Tenggara. Ransomware tersebut menyerang sekolah swasta di Malaysia dan produsen makanan di Singapura, lalu meminta tebusan senilai 50 juta dolar AS atau sekitar Rp759 miliar.

  1. Untuk membantu perusahaan yang diincar ransomware, Kaspersky meluncurkan XDR

Menurut Yeo Siang Tiong, General Manager Kaspersky untuk wilayah Asia Tenggara, aktor di balik ransomware LockBit menginvestasikan banyak waktu untuk menentukan siapa yang akan mereka targetkan serta metode dan waktu serangan yang tepat. Dengan perencanaan yang matang, serangan yang diluncurkan lebih canggih dan membuat mereka lebih sulit ditangkap.

“Grup ransomware ini akan mengganggu lebih banyak perusahaan di Asia Tenggara jika kita tidak memiliki cukup perlengkapan untuk menghentikannya sejak awal,” tegasnya.

Untuk membantu tim keamanan perusahaan yang diincar ransomware, Kaspersky menggabungkan beberapa alat keamanan ke dalam platform deteksi dan respons insiden keamanan terpadu yang koheren. Platform ini memberikan perlindungan multi-lapisan untuk perusahaan serta kemampuan berburu ancaman untuk Security Operations Center (SOC) yang sudah ada.

  1. Manfaat menggunakan Kaspersky XDR bagi perusahaan

Kaspersky XDR menjanjikan kemampuan beradaptasi untuk semua bentuk dan ukuran organisasi. Platform dengan teknologi keamanan berlapis-lapis ini juga diperkaya dengan data intelijen ancaman yang bisa dipercaya dari Kaspersky Security Network (KSN) untuk kemampuan deteksi yang lebih baik.