Mengintip Sejarah Awal Dari Kuliner Donat Nan Enak Dan Lezat

Sejarah kuliner donat yang enak dan lezat memiliki banyak versi dan perjalanan panjang yang menarik. Berikut adalah gambaran singkat mengenai asal-usul donat:

Awal Mula Donat

  • Asal Usul Awal: Donat diduga berasal dari kue goreng yang dibuat oleh orang-orang Belanda pada abad ke-17, yang https://cityservetrivalley.org/ dikenal sebagai “olykoeks” atau “kue minyak.” Olykoeks adalah adonan kue yang digoreng hingga kecokelatan.

Baca Juga : Olahan Berbahan Dasar Sosis Yang Sangat Menggoda Dan Lezat Dari Seluruh Dunia

Perkembangan di Amerika

  • Kedatangan di Amerika: Donat modern menjadi populer di Amerika Serikat setelah dibawa oleh para imigran Belanda pada abad ke-19. Mereka membawa tradisi membuat kue goreng ini ke Dunia Baru.
  • Donat dengan Lubang: Pada pertengahan abad ke-19, kapten kapal asal Amerika Serikat bernama Hanson Gregory dikreditkan dengan menciptakan lubang di tengah donat. Lubang ini dibuat untuk memastikan adonan matang merata ketika digoreng. Sebelumnya, bagian tengah donat sering kali tidak matang dengan baik.

Popularitas dan Inovasi

  • Era Perang Dunia I: Selama Perang Dunia I, relawan Salvation Army menyajikan donat kepada tentara Amerika di Eropa, yang membuat makanan ini semakin populer dan dikenal sebagai “doughboys.”
  • Munculnya Mesin Donat: Pada tahun 1920, Adolph Levitt, seorang imigran Rusia, menciptakan mesin donat otomatis pertama, yang mempercepat produksi donat dan meningkatkan popularitasnya di kalangan masyarakat luas.
  • Perkembangan Waralaba: Pada abad ke-20, berbagai waralaba donat, seperti Dunkin’ Donuts (didirikan pada tahun 1950) dan Krispy Kreme (didirikan pada tahun 1937), muncul dan menyebarkan popularitas donat ke seluruh dunia.

Varian dan Inovasi Modern

  • Varian Rasa dan Bentuk: Donat kini hadir dalam berbagai varian rasa, bentuk, dan topping, mulai dari donat klasik berlapis gula hingga donat dengan isian krim, cokelat, dan berbagai hiasan kreatif.
  • Pengaruh Global: Donat telah beradaptasi dengan selera lokal di berbagai negara. Misalnya, di Jepang terdapat “Mister Donut” yang menawarkan varian donat sesuai dengan cita rasa lokal.

Donat di Indonesia

  • Adaptasi Lokal: Di Indonesia, donat telah diadaptasi dengan berbagai rasa dan bentuk yang unik, termasuk donat yang menggunakan bahan-bahan lokal seperti kelapa, durian, dan pandan.
  • Waralaba Lokal: Waralaba donat lokal seperti J.CO Donuts & Coffee yang didirikan pada tahun 2005 telah menjadi sangat populer, menawarkan varian donat yang kreatif dan cocok dengan selera masyarakat Indonesia.

Sejarah donat mencerminkan perpaduan budaya dan inovasi yang terus berkembang. Dari asal-usul sederhana sebagai kue goreng Belanda hingga menjadi camilan yang mendunia, donat telah mengalami berbagai transformasi yang membuatnya tetap relevan dan disukai oleh banyak orang hingga saat ini.

This entry was posted in Kuliner and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *