Daftar Makanan Dari Indonesia Yang Berbahan Dasar Sagu

Sagu adalah salah satu bahan pangan tradisional yang banyak digunakan di Indonesia, terutama di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua. Berikut adalah beberapa makanan khas Indonesia yang berbahan dasar sagu:

1. Papeda

Papeda adalah makanan pokok di Maluku dan Papua yang terbuat dari tepung sagu. Papeda biasanya disajikan dengan ikan kuah kuning atau hidangan ikan lainnya. Teksturnya kental dan lengket, mirip dengan lem.

2. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah kue tradisional dari Maluku yang terbuat dari tepung sagu yang dicetak dan dipanggang hingga keras. Sagu lempeng biasanya dinikmati dengan teh atau kopi.

3. Sagu Mutiara

Sagu mutiara adalah butiran sagu yang direbus hingga transparan dan digunakan dalam berbagai makanan penutupĀ https://cityservetrivalley.org/ seperti kolak, es campur, atau puding. Sagu mutiara memberikan tekstur kenyal pada hidangan tersebut.

4. Bagea

Bagea adalah kue tradisional dari Maluku dan Papua yang terbuat dari tepung sagu, gula, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Kue ini memiliki tekstur yang keras dan sering kali disajikan dengan teh atau kopi.

5. Sagu Gula

Sagu gula adalah makanan penutup yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan air hingga menjadi adonan kental, kemudian disiram dengan gula merah cair. Makanan ini memiliki rasa manis dan tekstur kenyal.

6. Bubur Sagu

Bubur sagu adalah hidangan penutup yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak hingga menjadi bubur kental. Bubur ini biasanya disajikan dengan santan dan gula merah cair, memberikan rasa yang gurih dan manis.

7. Kue Sagu Keju

Kue sagu keju adalah kue kering yang populer selama perayaan Lebaran. Terbuat dari tepung sagu, keju, mentega, dan gula, kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih keju.

8. Kapurung

Kapurung adalah makanan tradisional dari Sulawesi Selatan yang terbuat dari tepung sagu yang diolah menjadi adonan kental dan dicampur dengan berbagai sayuran, ikan atau daging, dan kuah asam pedas. Kapurung biasanya disajikan sebagai hidangan utama.

9. Lontar

Lontar adalah makanan khas dari Papua yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan santan dan gula merah, kemudian dipanggang hingga matang. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas.

10. Barongko Sagu

Barongko sagu adalah hidangan penutup dari Bugis-Makassar yang terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, gula, dan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis gurih.

Baca Juga : Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Kerang Dari Seluruh Penjuru Dunia

Makanan-makanan berbahan dasar sagu ini menunjukkan keragaman kuliner Indonesia dan bagaimana sagu digunakan dalam berbagai bentuk hidangan, baik sebagai makanan pokok, camilan, maupun hidangan penutup.

This entry was posted in Kuliner and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *