Beberapa Kuliner Berbahan Dasar Cumi Yang Sangat Enak Dari Seluruh Dunia

Cumi-cumi adalah bahan yang https://www.ligamalaysia.net/ populer dalam berbagai masakan di seluruh dunia karena teksturnya yang unik dan kemampuannya menyerap berbagai rasa. Berikut adalah beberapa kuliner berbahan dasar cumi yang sangat enak dari berbagai negara:

1. Calamari Fritti (Italia)

Calamari fritti adalah hidangan Italia yang terdiri dari cumi-cumi yang dipotong cincin, dilapisi tepung, dan digoreng hingga renyah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan irisan lemon dan saus marinara.

2. Takoyaki (Jepang)

Takoyaki adalah makanan jalanan populer dari Jepang yang berupa bola-bola adonan yang diisi dengan potongan cumi-cumi, jahe acar, dan daun bawang. Takoyaki dimasak dalam cetakan khusus dan disajikan dengan saus takoyaki, mayonnaise, dan serpihan bonito.

3. Choco a la Plancha (Spanyol)

Choco a la plancha adalah hidangan Spanyol yang terdiri dari cumi-cumi yang dimasak di atas pemanggang (plancha) dengan  bumbu sederhana seperti garam, lada, dan minyak zaitun. Hidangan ini sering disajikan dengan irisan lemon dan peterseli.

4. Sotong Panggang (Malaysia/Singapura)

Sotong panggang adalah hidangan populer di Malaysia dan Singapura yang terdiri dari cumi-cumi yang dimarinate dengan bumbu seperti kunyit, bawang putih, dan serai, kemudian dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan dengan saus kacang yang pedas.

5. Chipirones a la Andaluza (Spanyol)

Chipirones a la Andaluza adalah hidangan Spanyol dari daerah Andalusia yang terdiri dari cumi-cumi bayi yang dilapisi tepung dan digoreng hingga renyah. Hidangan ini disajikan dengan irisan lemon dan merupakan tapas populer.

6. Squid Ink Pasta (Italia)

Squid ink pasta adalah hidangan Italia yang menggunakan tinta cumi-cumi untuk memberikan warna hitam dan rasa unik pada pasta. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus seafood yang kaya.

7. Cumi Saus Tinta (Indonesia)

Cumi saus tinta adalah hidangan Indonesia yang terdiri dari cumi-cumi yang dimasak dengan saus yang terbuat dari tinta cumi, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas.

8. Ojingeo Bokkeum (Korea)

Ojingeo bokkeum adalah hidangan Korea yang terdiri dari cumi-cumi yang ditumis dengan sayuran seperti wortel, bawang bombay, dan daun bawang, serta bumbu pedas dari pasta cabai gochujang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih.

Baca Juga : Kuliner Berbahan Dasar Pisang Yang Sangat Enak Dan Lezat

9. Ceviche de Pulpo (Peru)

Ceviche de pulpo adalah variasi ceviche dari Peru yang menggunakan cumi-cumi sebagai bahan utama. Cumi-cumi dimarinasi dalam jus lemon atau limau, dicampur dengan bawang merah, ketumbar, dan cabai, lalu disajikan dingin.

10. Calamares en su Tinta (Spanyol)

Calamares en su tinta adalah hidangan Spanyol yang terdiri dari cumi-cumi yang dimasak dalam saus yang terbuat dari tinta cumi-cumi, bawang putih, bawang bombay, tomat, dan anggur putih. Hidangan ini memiliki rasa yang dalam dan kaya.

Kesimpulan

Cumi-cumi adalah bahan serbaguna yang digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Dari hidangan goreng renyah hingga pasta tinta yang kaya rasa, cumi-cumi dapat diolah dengan berbagai cara untuk menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera.

This entry was posted in Kuliner and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *